Sabtu, 21 Juli 2012

Trik Google Dork Dijadikan Senjata Para Hacker


Bagi pemula penggunaan google memang  sangat membantu dalam belajar hacking. Google sendiri sebenarnya juga  jengkel yang memanfaatkan fasilitas mesin pencarianya untuk mencari  kelemahan sebuah website. Hingga google menyebut Dork (bisa berarti  malas) bagi orang yang melakukan hal itu. Banyak pencarian yang terkadang  yang tidak sesuai dengan keyword yang kita tulis, hal ini di sebabkan  karena keyword yang di tulis pada google tidak sesuai dengan keyword  yang terdaftar. Google Dork adalah seni hacking  yang memanfaatkan kehandalan atau kecanggihan sebuah mesin pencari  (Search Engines) seperti Google. Sebenarnya google tidak mempunyai tujuan untuk membeberkan kelemahan  sebuah website. Tetapi tidak lebih dari mempermudah user dalam mencari  informasi yang tersebar di dunia maya. Sehingga untuk mempermudahnya Google menyediakan  fasilitas, untuk mempermudah suatu pencarian, bahkan kita bisa melakukan  hacking untuk melihat suatu passoword dan account yang terindex oleh  google articleDalam dunia hacker  istilah Google Dork sering di jumpai.

Berikut beberapa tipe dork :
1. untuk mencari judul/title pada suatu web
- intitle
- allinitle

2. mencari string yang terdapat pada url
- inurl
- allinurl

3. Mencari file yang lebih spesifik
- filetype

4. Mencari suatu nilai string dalam suatu website
- allintext

5. Mencari pada suatu website tertentu
- site

6. Mencari website yang mempunyai link pada web di pilih
- link

Beberapa kode tambahan dalam pencarian akan sangat membantu, agar  pencarian anda semakin fokus. Jadi sebenarnya kita hanya akan  memfokuskan pencarian dalam sistem database google itu sendiri. Beberapa  contoh penggunaan Google Dork untuk tujuan mencari sebuah password dan  username :

inurl:password.logintitle:"index of" password.txt site:myintitle:index of" admin.mdbintitle:"index of" member.mdbintitle:"phpmyadmin" "running on localhost"
Dari situlah beberapa hacker sedikit modifikasi dalam pencaraian  kerentanan sistem website. Dan list Dork yang beredar pun  jumlahnya  cukup banyak. Samapai sekarang Dork yang ditampilakan pun bervariasi,  mulai dari website berbasis Joomla, PHP, SQL, ASP, RF1 dan LF1. Dengan  begitu banyak hacker menggunakan google untuk mencari halaman web yang  rentan dan kemudian menggunakan kerentanan untuk hacking.

Contoh Dorks : Direktori CGI mengandung script yang  sering dapat dieksploitasi oleh penyerang. "index pf sgi-bin" dengan  cara ini anda akan menemukan direktori CGI banyak beberapa dari mereka  yang mungkin rentan.Google Dork lain yang terkenal adalah Dork PhpMyAdmin. PhpMyAdmin  adalah webfronted widly menyebar digunakan untuk mantain database aql.  Mekanisme keamanan default adalah menyerahkannya ke admin website untuk  menempatkan file. Htaccess di direktori aplikasi.
Mungkin hanya sepintas itu yang saya berani ungkapkan kepada anda  tentang Google Dork. Silahkan jika ingin belajar lakukan lah beberapa  modifikasi tambahan dan jangan lupa mainkan logika anda. Bagi admin  website sebaiknya anda berhati-hati jika tidak ingin website anda di  buat bahan percobaan oleh para hacker pemula. | Semoga  Bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar