Minggu, 12 Agustus 2012

Mengenal Lebih Jauh Seputar Sidik Jari


Sebenarnya Saya bingung mau posting tentang apa kali ini. Keinginan untuk nge-blog begitu besar namun inspirasi untuk materinya belom didapatkan  :D . Namun daripada tidak ada bahasan sama sekali, Saya akan mencoba membagikan info unik seputar “Sidik Jari
Mengapa Saya mempunyai sidik jari? Pertanyaan aneh tentang tubuh ini merupakan salah satu yang populer. “Vestigal” adalah istilah kedokteran yang diberikan kepada ciri tubuh yang tidak  mempuyai tujuan.
Sidik-sidik jari itu merupakan bagian-bagian kelihatan dari jaringan bergaris-garis di  mana epidermis kult menukik ke bawah ke dalam dermis sambil membentuk struktur yang saling mengunci. Konfigurasi sidik jari kaki dan tangan kita yang unik disebabkan siat agak acak pertumbuhan struktur dermal dan garis-garis itu
Sidik jari menolong kita untuk menggenggam dan memegang benda-benda dalam berbagai macam keadaan. Sidik jari berfungsi dengan prinsip yang sama dengan cara kerja ban mobil. Kita telah mengembangkan sistem yang terdiri dari lubang-lubang, tonjolan-tonjolan, dan parit-parit untuk menolong menyalurkan air keluar dari jari-jair kaki dan tangan kita. Meski tampaknya tidak banyak berarti, hal ini menimbulkan kemampuan genggam yang sedikit lebih baik. Sidik jari kaki melakukan hal yang sama. Sidik jari kaki menolong kita menjaga keseimbangan dan mencegah kita tergelicir diatas permukaan-permukaan yang basah dan rata.
Sidik jari juga mellindungi kita agar tidak melepuh. Sidik-sidik jari menolong meringankan tekanan ke samping yang dengan cara lain akan memisahkan kedua lapisan kulit dan memungkinkan cairan mengumpul di ruangan itu dan dengan demikian membentuk lepuhan.
Sumber referensi: Buku Tubuh Ajaib, oleh Dr Stephen Juan.

0 komentar:

Posting Komentar