Kamis, 03 Maret 2016

15 Ras Anjing Paling Pintar di Dunia

Tidak dipungkiri lagi jika anjing adalah sahabat manusia karena telah menemani umat manusia beribu-ribu tahun dan oleh sebab itu anjing terkadang mendapat tempat khusus sebagai bagian anggota keluarga. Selain karena loyalnya terhadap tuannya juga anjing adalah salah satu binatang paling cerdas sehingga mudah untuk dilatih untuk membantu keseharian manusia. Pembahasan kita berikut ini adalah daftar ras anjing paling pintar di dunia.

Tolak Ukur Penilaian Anjing Paling Pintar di Dunia.

Sebenarnya salah sulit untuk mengukur tingkat kepintaran anjing, ada yang menggunakan metode seberapa jenis anjing tersebut memahami dan mengerti sebuah perintah dan lain sebagainya. tapi seorang Profesor Psikologi dari Inversitas British Columbia telah meneliti dan menulis sebuah buku berjudul "The Intelligence of Dogs" yang bukan saja membahas tentang anjing tapi juga ia mengurutkan jenis anjing paling pintar di dunia. Jenis anjing paling pintar yang manakah yang dimaksud profesor ini? mari kita mulai daftar listnya.

15. Schipperke


image by: essendonvet.com.au
Berasalah asli dari belgia dan dibiakan pada abad ke 16 yang dikhususkan untuk anjing gembala. ciri khas dari anjing ini adalah bulunya yang hitam, berukuran sedang, aktif, setia, dan menyukai anak-anak.

14. Tervuren


sama seperti pada list ke 15, Terviren adalah anjing yang berasal asli dari belgia dan juga awalnya ditugaskan untuk mengembala. Anjing ini sangat energik, cerdas dan selalu butuh pekerjaan yang akan membuatnya sibuk. Tervuren juga suka bersaing dengan anjing lainnya dalam hal ketangkasan yang membuatnya menjadi salah satu anjing paling pintar di dunia.

13. English Springer Spaniel


Dibiakan pertama kali pada abad ke 18 di Inggris, ESS sebenarnya lebih cocok mendapatkan tugas sebagai "satpam", bukan karena galak tapi karena anjing ini suka bermain dengan anak-anak dan anggota keluarga lainnya serta cepat belajar dan mematuhi perintah tuannya.

12. Miniature Schnauzer


Adalah anjing hasil kawin silang dari Schnauzer biasa dan Schnauzer yang lebih kecil, Asli German. Karena anjing ini sangat cerdas dan memiliki tempramen yang baik menjadikannya salah satu ras anjing paling populer di dunia.

11. Pembroke Welsh Corgi


Nah ini dia anjing "bangsawan", karena ratu inggris sendiri memelihara beberapa belas anjing Pembroke Welsh Corgi. anjing ini adalah jenis anjing gembala bertubuh paling kecil. Pembroke Welsh Corgi adalah anjing yang selalu bersemangat dan mudah belajar.

10. Australian Cattle Dog


Satu lagi jenis anjing kembala, kali ini asalnya dari australia. Memiliki daya tahan yang bagus karena awalnya memang ditugaskan untuk mengembala sapi dengan ladang yang amat luas, selain itu anjing ini mampu mengembala sendirian tanpa didampingi oleh tuannya. itu sebabnya anjing ini mendapatkan ke 10 dalam daftar anjing paling pintar di dunia.

9. Rottweiler


Berasal dari jerman, Rotweiler adalah anjing yang besar, kuat dan berotot (halaaaah, apaan sih..) bahkan dulu pernah digunakan sebagai penarik gerobak. Dimasa kini berkat sifat penjaga dan kecerdasannya yang luar biasa dan semangat untuk bekerja, Rotoweiler sering digunakan sebagai anjing penyelamat, anjing pemandu dan membantu tugas dalam kepolisian.

8. Papillon


Sangat mudah dikenali dari bentuk telinganya yang menyerupai kupu-kupu serta bulu yang panjang dan halus. Aslinya dari Perancis, Selain karena pintar Papillon juga dikenal ramah.

7. Labrador Retriever


Labrador Retriever aslinya berasala dari Kanada dan menjadi salah satu ras anjing paling digemari di seluruh dunia. jangan tertipu akan tampangnya yang memelas, anjing ini sangatlah pintar, terbukti dari kesuksesannya sebagai anjing pemandu dan anjing terapi.

6. Shetland Sheepdog


Lebih dikenal dengan Sheltie, anjing ini adalah hasil pembiakan di Skotlandia. Tugas awalnya adalah anjing gembala, Sheltie adalah anjing yang selalu bersemangat, energik dan selalu bersedia untuk dilatih dan bekerja keras.

5. Doberman Pinscher


Memang awalnya anjing jenis ini dilatih untuk mengintimidasi tapi sekarang mereka dikenal dengan keramahannya, loyalitas, kecerdasan dan berkemampuan sangat baik saat dilatih.

4. Golden Retriever


Asal aslinya skotlandia, kamu mungkin sangat sering melihat ras anjing ini karena memang begitu adanya. Golden Retriever sering menangani peran sebagai pembimbing, berburu, mendeteksi, pencarian, penyelamatan, dll.

3. German Shepherd


Meskipun anjing jenis ini sangat lah populer tapi sebenarnya ia adalah jenis anjing biakan yang terbilang baru. tugas awalnya adalah sebagai gembala tapi sekarang ia populer dikalangan polisi dan militer.

2. Poodle


Poodle sebenarnya asli dari jerman tapi dikembangkan lebih lanjut di perancis. dengan ciri khas bulu padat dan keritik memang terlihat seperti sebuah mantel. Anjing ini suka bersosialisasi kepada seluruh anggota kekuarga dan memiliki ketahanan fisik yang baik serta mudah untuk diajarkan.

1. Border Collie


Asal asli dari anjing ini adalah skotlandia yang awalnya digunakan untuk sebagai pendamping saat mengembala. Border Collie adalah ras anjing yang sangat pintar. bagaimana tidak? ia mampu memahami dan perintah lebih dari seribu kata. ini yang membuatnya menjadi anjing paling pintar di dunia nomor satu kita kali ini.

Apakah anjing yang kamu pelihara masuk urutan ras anjing paling pintar di dunia? kalau tidak, tidak usah berkecil hati karena pada dasarnya anjing adalah binatang yang penurut dan punya loyalitas yang tinggi. Semoga Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar