Rabu, 02 Maret 2016

18 Foto-foto Luar Angkasa Paling Menakjubkan dan Terindah

Masih banyak misteri tentang alam semesta yang belum manusia ketahui, untuk itu orang-orang berlomba lomba untuk menemukan sesuatu yang baru di alam semesta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti apakah kita "sendiri" di alam semesta itu. untuk mengetahui jawaban-jawaban itu harga yang diperlukan tidaklah murah dimana kita perlu mengumpulkan para ilmuan serta teknologi tercanggih untuk menguak misteri itu. salah satu teknologi yang digunakan adalah teknologi teleskop, ada banyak jenis teleskop untuk melakukan observasi angkasa luar dan yang paling terbaik adalah yang sedang mengorbit di luar angkasa seperti teleskop kepler. teleskop kepler sendiri telah memberikan gambaran yang luar biasa dalam bentuk foto tentang alam semesta kita khususnya untuk galaxi kita. berikut adalah foto-foto luar angkasa paling menakjubkan dan terindah yang pernah tertangkap kamera yang akan membuat anda takjub tentang ciptaan Tuhan.

1. Apa yang terlihat seperti kembang api di angkasa sebenarnya adalah gugusan bintang yang hampir saling berdempetan. nebula ini adalah pabriknya bintang dimana bintang baru lahir disini setiap tahunnya. diperkirakan luas nebula ini adalah 100 tahun cahaya.


2. Ini adalah bintang yang sedang sekarat dimana ia akan kehilangan semua bahan bakarnya, jika mati bintang-bintang seperti ini akan menjadi 3 jenis bentuk yaitu katai putih, katai hitam atau akan menjadi blackhole tergantung dari massa bintang tersebut.


3. Gambar ini adalah dua buah bintang kembar Hen 2-427 dimana ia dikelilingi oleh sebuah nebula bernama M1-67. bintang tersebut adalah bintang bayi yang umurnya diperkirakan tidak lebih dari 10,000 tahun. bandingkan umur matahari kita yang 4,5 miliar tahun.


4. Ini adalah Crab Nebula yang berdiameter 10 tahun cahaya, adalah hasil ledakan bintang yang disebut supernova. kejadian ini disaksikan oleh penduduk bumi dan tercatat secara detail pada tahun 1054 Masehi.


5. Berjarak 5000 tahun dari bumi bernama Bubbly Nebula yang ditemukan oleh WIlliam Herschel pada tahun 1787.


6. Noda hitam yang ditemukan di planet Jupiter ini sebenarnya bukanlah sesuatu yang kecil tapi sebuah badai raksasa yang berkecamuk dari abad 17. Badai ini sendiri ukurannya sebesar planet bumi.


7. Apa yang tampak seperti wajah yang tersenyum di luar angkasa ini sebenarnya bukanlah hal yang menyenangkan, tapi sebuah supermassive blackhole di tengah galaxi kita. wajah yang terbentuk tersebut terjadi akibat distorsi ruang dan waktu yang di akibatkan oleh blackhole tersebut.


8. Nebula ini terletak di gugusan bintang Sagitarius. Nebula ini terbilang detak dengan bumi sampai-sampai teropong bintang biasa mampu melihatnya secara langsung.


9. Ini adalah salah satu foto paling ikonik yang pernah ditangkap teleskop hubble, juga disebut dengan Pilar Penciptaan, kolom gas ini adalah sebuah "pabrik" bintang yang terdiri dari debu dan gas.


10. Struktur angkasa yang menyerupai kepala manusia yang bersinar ditemukan oleh astronom asal inggris bernama William Herschel pada tahun 1787 lalu dinamakan Eskimo Nebula.


11. Galaxi Antena adalah galaxi yang saling bertabrakan dan akan membentuk galaxi yang lebih besar.


12. Sebuah supernova dari bintang yang telah meledak bernama Cassiopeia, adalah salah satu objek kosmik yang paling terkenal. ditemukan pada tahun 1948 oleh Martin Ryle.


13. Pada bulan Januari tahun 2002, sebuah bintang bernama V838 tiba-tiba meledak dan menjadi salah satu objek paling bersinar di langit malam. jaraknya sekitar 20,000 tahun cahaya dari bumi di gugusan bintang Unicorn dan diperkirakan diameter ledakan bintang tersebut mencakup 6 tahun cahaya.


14. Baru ditemukan pada tahun 2009 oleh teleskop Hubble, objek kosmik yang menyerupai sayap ini yang dinamakan nebula kupu-kupu adalah bintang yang meledak yang berjarak 4000 tahun cahaya di gugusan bintang Scorpion.


15. Menyerupai sebuah topi, ini adalah galaxy sombrero yang berjarak 50 juta tahun cahaya dari bumi.


16. Adalah objek luar angkasa yang sangat terkenal di kalangan astronom profesional dan amatir karena bentuknya yang sangat indah ini dinamakan Horsehead Nebula.


17. Ini adalah gambaran paling detail dari bintang Fomalhaut, sebuah bintang yang berjarak hanya 25 tahun cahaya dari bumi dan sangat mudah dilihat dengan mata pada malam hari karena bintang ini bintang paling terang di gugusan bintang Piscis Austrinus


18. Terletak sekitar 200,000 tahun cahaya dari bumi ini adalah galaxi satelit dari bima sakti bernama Great Magellan Cloud. Galaxi ini berbentuk tidak beraturan yang menandakan bahwa banyak bintang baru saja lahir di galaxi ini.


All Pictures by NASA.gov

Bagaimana? indah bukan mahakarya sang pencipta. kita sebagai manusia tidak perlu takut tentang hal ini malah harus makin menebalkan iman kita karena manusia tidak ada apa-apanya dibanding semesta yang luas ini. Semoga bermanfaat. :)

0 komentar:

Posting Komentar